Youtube akan membuat sebuah fasilitas penyewaan video dengan menggunakan video streaming. YouTube, yang dimiliki oleh raksasa pencarian Internet Google Inc, telah mengadakan pembicaraan dengan Lions Gate Entertainment Corp, Sony Pictures, sebuah unit dari Sony Corp, dan Time Warner Inc’s Warner Brothers tentang penyewaan film online.
YouTube sedang di tengah-tengah pembicaraan dan negosiasi dengan berbagai mitra konten media untuk membangun sebuah library besar dalam bidang profesional arsip film dan video yang dapat menghasilkan uang.
Sistem penyewaannya di Youtube akan hampir sama dengan Web dari Apple Inc’s iTunes, Netflix dan Amazon.com. Tentunya dengan berbagai film – film terbaru yang ada. Youtube akan memasang tariff $ 3.99 untuk sekali sewa. Selama ini Youtube hanya mengandalkan iklan sebagai pemasukan, sedangkan para pengunjung dapat menonton secara gratis video-video yang telah ada.
Youtube sudah memiliki ribuan library video film dan acara televisi serta sudah bekerja sama dengan berbagai studio. Bahakan Ny Times dan Disney juga sudah sepakat dalam kerjasama ini.

“Kami berharap dapat memperluas hubungan kami yang besar dengan studio film dan pemilihan jenis video untuk menawarkan komunitas kami,” kata juru bicara YouTube, Chris Dale.

______________________________________
Sumber : Kabar IT